grafika komputer dan pemanfaatannya
Grafika Komputer
1. Definisi
Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Aplikasi grafika komputer Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan.
Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer :
Kerangka Grafik Komputer
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://iqimnofemyhs.wordpress.com/2011/11/02/grafik-komputer/
1. Definisi
Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Aplikasi grafika komputer Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan.
Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer :
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Kerangka Grafik Komputer
GRAFIK KOMPUTER
grafika komputer juga dapat dimanfaatkan dalam :
1. Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya
untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil,
pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh
aplikasinya: AutoCAD.
2. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan
Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
3. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus
digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan
objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh
U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi
resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan
terjun payung sesungguhnya.
4. Visualisasi Data
4. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan
baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur
protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
5. Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan
sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi
psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau
proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran,
salah satu aplikasinya Electroni workbench
6. Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat
berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan
lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
7. Hiburan
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian,
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian,
Motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yang beredar di pasaran
seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang, menggunakan
8. Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
Umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak,
seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti
Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://iqimnofemyhs.wordpress.com/2011/11/02/grafik-komputer/
Comments
Post a Comment