grafika komputer dan pemanfaatannya

Grafika Komputer 

1. Definisi
Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Aplikasi grafika komputer Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan.

Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer :


  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi  
Pembagian grafika komputer Bagian dari grafika komputer meliputi :

  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar. 

Kerangka Grafik Komputer




GRAFIK KOMPUTER
grafika komputer juga dapat dimanfaatkan dalam  :
1. Computer-Aided Design (CAD)
    CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya
    untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil,
    pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh
    aplikasinya: AutoCAD.
2. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
    CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan
    Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
    program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
 3. Virtual Reality
     Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
     Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus
     digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan
     objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh
     U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi
     resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan
     terjun payung sesungguhnya.
4. Visualisasi Data
    Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
    Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan
    baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur
    protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
5. Pendidikan dan Pelatihan
    Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan
    sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi
    psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau
    proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran,
    salah satu aplikasinya Electroni workbench 
6. Computer Art
    Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat
    berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan
    lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
7. Hiburan
    Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian,
    Motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yang beredar di pasaran
    seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang, menggunakan
8. Video Game
    Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
    Umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang
    sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak,
    seperti game  sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti
    Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.



Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://iqimnofemyhs.wordpress.com/2011/11/02/grafik-komputer/

Comments

Popular Posts